Jumat, 01 April 2011

Cara Melatih Latihan Kecepatan Dalam Taekwondo

Speed/ kecepatan merupakan salah satu komponen yang paling penting di taekwondo, semakin cepat tendangan seseorang akan semakin mudah dalam mencari point dalam bertanding. Kecepatan gerak dalam olah raga taekwondo ( di pertandingan ) membutuhkan komponen agility dan quicknes tersebut. sedangkan dalam proses latihannya, cabang olah raga ini membutuhkan kecepatan gerak juga dalam bentuk speed. konsep dasar ;atihan ini terletak pada prinsip bahwa “beban luar” boleh beda, tetapi beban dalam harus sama. Berikut ini merupakan bagian-bagian kemampuan kecepatan yang dibutuhkan di dalam taekwondo:
Kecepatan Reaksi:
A. Reaksi sederhana
B. Reaksi pilihan
Kecepatan:
Asiklis Maksimal
A. Kecepatan Aksi
B. Kecepatan Gerak
Kecepatan Siklis maksimal
A. Kecepatan koordinasi
B. Kecepatan Dasar
C. Kecepatan Sprint Maksimal
D. Frekuensi Gerak
E. Kecepatan Gerak ke Depan.
bentuk-bentuk latihan / metode dalam Latihan Kecepatan (S-A-Q)
1. SPEED
latihan untuk meningkatkan frekuensi langkah (contoh innervasi, the ABC run, dan running mechanic) dan panjang langkah (contoh meningkatkan kekuatan maksimal, kekuatan kecepatan serta strength dynamic)
2.AGILITY
Latihan latihan kelincahan seperti zig zag, boomerang, shuttle run, dan obstacle run
3. QUICKNESS
Kecepatan gerak aksi (tanpa stimulus) atau kecepatan reaksi, reaksi optik akustik taktil (seperti gerak menendang, memukul, duduk berdiri, tidur berdiri, dan gerak dengan berbagai posisi, baik yang diawali dengan stimulus maupun tanpa stimulus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar